Kapolres Pasuruan Kota Mengelilingi Aliran Sungai Welang Menuju Muara Laut.



Pasuruan jatim,pasuruanbersatu com- Giat Debit Air dan kondisi jalur aliran sungai Welang antisipasi bencana banjir di wilayah Hukum pasuruan kota desa tambak rejo kec kraton kab pasuruan.minggu 05/01/20

kegiatan pengecekan sungai welang dihadiri oleh kapolres pasuruan kota AKBP Dony Alexander S.I.K M.H didampingi konpol Mario Prahatinto S.H S.I.K S.H, kasat lantas Achmadi SH dan kapolsek kraton AKP,Teguh Taviarno bersama kapolsek gadingrejo Kompol Timbul Wahono SH. bersama Kasubag Humas AKP Edy Purwanto SH ikut serta Kabagsumda Polres Pasuruan Kota Kompol Handoyo SH Danramil kraton Kapten Inf.Ach.Syafii'i,Camat kraton, Saudara Ridwan Haries dan angota  BPBD kota dan kab. Pasuruan,Kapolsek Purworejo Kompol H. Agus Muklison, SH bersama Kasih Pecegahan dan kesiap siagaan BPBD kota pasuruan saudara Wasono Catur Aldoko, Bambang Sugiharto selaku kades Tambak rejo. Kasat Intelkam Iptu Muh. Riza Rahman, S.I.K.

Kapolres Pasuruan Kota beserta PJU Polres Pasuruan Kota yang mendampingi tiba di lokasi dan singgah terlebih dahulu ke rumah Kades Tambakrejo Saudara. Bambang S. Sebelum menyelusuri sepanjang daerah aliran sungai welang" untuk melaksanakan giat dialogis terlebih dahulu dengan memberikan pesan kamtibmas terkait dengan siaga antisipasi bencana alam banjir dikarenakan saat ini sudah memasuki musim penghujan dan sesuai dengan informasi dari BMKG selama beberapa hari kedepan berpotensi cuaca ekstrem.

Bapak Kapolres beserta rombongan didampingi kepala desa tambakrejo  menuju ke tempat yang sudah di persiapan menuju dermaga untuk melaksanakan pengecekan kondisi tanggul dan debit air sepanjang aliran sungai welang dengan mengendarai 2 unit perahu untuk melakukan menuju ke arah muara laut menuju utara.

"Dalam perjalanan menuju muara laut ditemukan bahwa terdapat beberapa titik jalur aliran sungai yang menyempit dan ranting-ranting pohon bambu yang menjorok ke sungai sehingga menyebabkan terjadi penumpukan sampah yang berada di sungai karena terhambat di ranting-ranting tersebut, selain itu juga ada beberapa sampah yang menumpuk di sisi aliran sungai sehingga hal tersebut berpotensi menghambat aliran sungai yang dapat menyebabkan terjadinya banjir apabila saat hujan deras serta air laut sedang pasang Kapolres Pasuruan Kota beserta rombongan telah sampai di muara sungai dan sekaligus mengunjungi Pulau Lusi yang termasuk dalam destinasi wisata, dilokasi tersebut.

Kapolres Pasuruan Kota melakukan pemantauan disekitar pulau serta menyapa dan dialogis dengan beberapa wisatawan yang sedang berkunjung ke Pulau Lusi dengan tujuan untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat dengan hadirnya Polri di tengah-tengah masyarakat dan kembali meneju rumah kepala desa tambakrejo.ungkapnya

Bahwa tujuan dari giat pengecekan kondisi jalur aliran sungai welang ini adalah mengetahui apa penyebab dari sering terjadinya banjir saat hujan deras turun
Setelah dilakukan pengecekan tadi diketahui bahwa terdapat beberapa penyempitan di jalur aliran sungai, serta ada beberapa titik sungai dengan kedalaman yg dangkal, selain itu banyaknya sampah menumpuk yang berada di sisi sungai ataupun di tengah-tengah aliran sungai,tuturnya

Setelah mengetahui penyebab tersebut, kami dari pihak kepolisian akan bekerja sama dan Bersama-sama bekerja dengan stake holder terkait untuk melakukan langkah-langkah guna antisipasi terjadinya bencana banjir khususnya di daerah yang dilalui oleh aliran sungai welang kami merencanakan akan mengajak bersama warga masyarakat untuk bersama-sama membersihkan tumpukan sampah maupun tanah yang menyebabkan terjadinya pendangkalan kedalaman sungai, agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar saat hujan deras turun dan saat air laut sedang pasang.

Kegiatan yang kami laksanakan hari ini merupakan langkah untuk menunjukan kepada masyarakat, bahwa kami dari Polri dengan menggandeng Pemerintah serta BPBD telah siap siaga dan telah menyiapkan langkah2 untuk antisipasi dalam menghadapi ancaman dari bencana alam yg mungkin terjadi di wilayah Kota Pasuruan.pungkas AKBP Dony Alexander Sewaktu Pres release. (Ag)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.