Sejarah Kopral Karmin Di Desa Mataraman Kecamatan Donomulyo Malang.



Malang Jatim,Pasuruanbersatu com-Karmin adalah salah satu Pahlawan Repbulik Indonesia yang berjasa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Beliau salah satu anggota SWK III Moenir, berasal dari Sidoarjo.

Beliau bekerja sebagai guru SD di Gondangrejo. Pada saat itu tentara Belanda berjalan menuju arah timur, tanpa sengaja mereka mengetahui adanya Kopral Karmin dan Belanda ingin membunuhnya, namun saat itu beliau masih mengajar murid-muridnya.


Melihat gelagat Belanda seperti itu, Kopral Karmin berlari keluar kelasnya dan Belandapun mengejarnya.Dalam pelarian menghindari kejaran Belanda, Kopral Karmin bertemu dengan bapak Jemangin. Pak Jemangin adalah salah satu pejuang berasal dari desa Donomulyo.


Pak Jemangin mengajak berlari dan bersembunyi di balik bebatuan sehingga terselamatkan dari kejaran Belanda. Belanda tidak jemu-jemunya melakukan pengejaran dan menggunakan berbagai cara, yang dikenal dengan "de vide et impera" yakni politik memecah belah persaudaraan, dengan menggunakan antek-anteknya,

                       
Belanda beberapa waktu berikutnya berhasil membunuh Kopral Karmin pada tanggal 8 Juli 1949 pada CLASS II dan dimakamkan di RT.07 Mentaraman Donomulyo. Bersamaan dengan ini Belanda berhasil membunuh tiga orang sekaligus. Dan dipihak Belanda juga banyak yang tewas dibunuh pejuang-pejuangyang berada di desa Mentaraman Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.Beberapa hari kemudian jenazah Kopral Karmin dibongkar lalu dipindahkan ke pemakaman umum di desa Mentaraman di dekat makam Pak Legiman.

Senjata berat milik Belanda yang tertinggal, dibuang di Kedung Bunder. sedikit ulasan cerita sejarah kopral Karmin semoga bisa menjadi pengingat dan pengetahuan bagi yg belum mengetahui sejarah kopral Karmin.

PEWARTA: Didik

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.