PENGAMANAN JELANG PELANTIKAN PRESIDEN, LANTAMAL V SIAGAKAN PASUKAN




Surabaya, www.pasuruanbersatu.com - Untuk antisipasi pengamanan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang, Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) telah menyiagakan pasukannya yang dapat digerakan kapan saja.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H.,CHRMP, saat menerima Apel Kesiapan Siaga Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres Lantamal V yang digelar di Lapangan Markas Pemadam Kebakaran Lantamal V, DBAL, Ujung, Surabaya, Rabu (17/10).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Yasiman Purba, S. E, para Asisten Danlantamal V, Danpomal,  Kakuwil, Kadiskes dan para Kepala Dinas dijajaran Lantamal V lainnya.

Gelaran apel siaga yang dipimpin pengambil apel Danyonmarhanlan V, Letkol Marinir Endrawan Rahmania ini, juga sekaligus sebagi Apel Kesiapan Satuan Tugas Bencana Alam Lantamal V.

Komandan Lantamal V dalam arahannya mengatakan bahwa Apel Kesiapsiagaan Lantamal V ini digelar dalam rangka antisipasi pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI serta Siaga Penanggulangan Bencana.
.
"Maksud dan tujuan dilaksanakan apel kesiapsiagaan ini adalah untuk mengecek kesiapsiagaan personil dan material di jajaran Lantamal V, dalam rangka mensukseskan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar," terangnya.

Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia lanjutnya, adalah lambang negara, didalamnya terdapat kedaulatan negara yang sangat penting.

Hal ini juga berkaitan dengan tugas pokok TNI dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRl yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 tentang melindungi segenap bangsa dan aseluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Untuk pengamanan kesiapsiagaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Rl ini, Lantamal V telah menyiapkan Satuan Setingkat Kompi pasukan diantaranya Satu Tim Intel dan Tim kesehatan, Pom TNI AL, Yonmarhanlan dan Satsiaga Mako Lantamal V.

Untuk operasional pelaksanaannya lanjut Tedjo -sapaan akrab Danlantamal V ini- akan siaga sebelum, selama dan setelah kegiatan pelantikan serta pengambilan sumpah dan janji presiden dan wakil presiden Rl walaupun wilayah Surabaya ini, terbilang jauh dari ibu kota negara.

Danlantamal V berharap,  dengan penyiapan Satgaspam Ini, Lantamal V dan jajarannya dapat turut mewujudkan stabilitas keamanan di wilayahnya serta senantiasa memiliki kesiapan, kecepatan bergerak serta profesionalisme prajurit yang handal untuk mampu setiap saat melaksanakan tugas pembantuan tersebut secara berhasil dan berdayaguna.

Sementara itu untuk Satgas Bencana Alam, Tedjo menekankan keapda Satgas untuk tetap menjaga komunikasi, kordinasi koordinasi dan kerjasama yang terintegrasi dengan berbagai pihak seperti dengan sektor kesehatan, sosial, pekerjaan umum, perhubungan dan lain-lain yang kesemuanya sektor tersebut memiliki tanggung jawab masing-masing.

"Kita harus siap untuk sewaktu-waktu bila diminta bantuan untuk menyelamatkan saudara-saudara kita yang mendapat musibah banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan lain-lain di wilayah kerja Lantamal V," pungkasnya. (Dispen Lantamal V)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.