Pilkades Serentak 2019, Gus Lukman Mengajak Para Calon Kades, Sekabupaten Pasuruan Saling Menjaga.


Pasuruan Jatim,pasuruanbersatu com-  Sebanyak 365 ( tiga ratus enam puluh lima ) Desa dari 24 ( dua puluh ) Kecamatan di Kabupaten Pasuruan,14/09/19
Ada 242 ( dua ratus empat puluh dua ) Desa yang akan melaksanakan Pilkades ( Pemilihan Kepala Desa ) serentak 2019. Diketahui Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Pasuruan akan digelar pada 23 November 2019 mendatang, sesuai didalam surat keputusan ( SK ) Bupati Pasuruan nomor 141/123/HK/424.014/2019. Diketahui pula para Bakal Calon Kepala Desa saat ini akan menghadapi proses klarifikasi berkas persyaratan administrasi bakal calon kades hingga 5 oktober mendatang setelah menghadapi proses pengumuman dan pendaftaran bakal calon kades pada tanggal 3 hingga 12 September kemarin.

    Maka dari itu, guna untuk menghidari yang tidak diinginkan dan demi kelancaran dan suksesnya Pilkades serentak di kabupaten Pasuruan Ketua Umum LSM Garda Pantura Lukman Hakim / Gus Lukman panggilan akrabnya, mengajak kepada para Bakal Calon maupun Calon Kades saling menjaga keamanan, kenyamanan, dan kerukunan. " Calon Kepala Desa Ayo sing rukun...Sampaikan visi misi Anda, raih simpati masyarakat dengan cara yang baik. Selamat berjuang...!!! ", Pesan singkat Gus lukman saat memberikan stadment melalui pesan whatsApp kepada awak media.

      Gus Lukman juga mengatakan, " Ingat...!!! Menyampaikan Visi dan Misi bagi calon kepala desa ( Kades ) itu adalah kemutlakan yang harus dilakukan. Hal ini disebabkan bagi kepala desa terpilih nanti harus menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang merupakan penjabaran atas Visi dan Misi yang disampaikan saat pencalonannya yang selanjutnya diuraikan dalam arah kebijakan dan kegiatan ", terangnya.

 Menurut Gus Lukman Peraturan Menteri Dalam Negeri ( Permendagri ) Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa.
Dijelaskan lebih lanjut,  pada Permendagri 114/2014 di Pasal 6 menjelaskan, Rancangan RPJM Desa memuat visi dan misi kepala Desa, arah kebijakan pembangunan Desa, serta rencana kegiatan yang meliputi bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa.
" Sementara itu, di Permendagri 112/2014 pada  Pasal 28 juga dijelaskan terkait visi-misi calon kepala desa, yaitu :
(1) Kampanye sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (1) memuat visi dan misi bila terpilih sebagai kepala desa.
(2) Visi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan keinginan yang ingin diwujudkan dalam jangka waktu masa jabatan kepala desa.
(3) Misi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berisi program yang akan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi, jelasnya. " Hal inilah yang mutlak harus dipunyai oleh seorang calon kepala desa " tambahnya.

Pewarta; Ayik

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.