Kapushidrosal Menghadiri Forum IRCC Di Genoa Italia



Genoa, Italia, 6 Juni 2018----–Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. menghadiri pertemuan International Hydrographic Organization (IHO) Inter-Regional Coordinating Committee (IRCC), yang berlangsung di Genoa, Italia.

Pada pertemuan yang berlangsung 3-5 Juni 2019 itu, Kapushidrosal didampingi Direktur Pengamanan, Kerjasama dan Perbatasan (Dirpamkersamtas) Pushidrosal Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono, S.H., M. Tr (han), Kepala Dinas Hidrografi (Kadishidro) Kolonel Laut (P) Oke Dwiyana Pribadi, M.M. serta Letkol Laut (P) Franciscus Asisi.

Kapushidrosal menyampaikan, Inter-Regional Coordination Committee (IRCC) merupakan organisasi sub committee dari IHO yang terdiri dari ketua-ketua dari RHC dan ketua sub committee IRCC memiliki kewenangan untuk mempertimbangkan perlunya mengintegrasikan dan koordinasi kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dari pendekatan regional, dan mempertimbangkan lebih lanjut bahwa Capacity Building dan penggunaan pengumpulan data kelautan yang lebih luas telah diidentifikasi sebagai tujuan strategis.

“IRCC diharapkan dapat mengkaji ulang serta melaksanakan formulasi penyelarasan dan pengembangan standards, spesifikasi dan kriteria panduan teknis untuk produk-produk hidrografi yang terkait dengan produksi peta dan publikasi nautika pelayaran lainnya yang disusun dan diterbitkan oleh lembaga hidrografi negara anggota sesuai dengan international standards & specification yang telah ditetapkan oleh IHO, dalam rangka menjamin keselamatan navigasi pelayaran bagi pengguna laut khususnya bidang pelayaran dan transportasi laut maupun pengguna aplikasi data hidrografi lainnya” jelas Kapushidrosal.

Pada forum IRCC tersebut, seluruh Regional Hydrographic Commission dibawah IHO melaporkan kemajuan serta perkembangan dari formulasi tata aturan teknsi serta spesifikasi dan standar teknis dengan mengadopsi kemajuan teknologi serta trend kebutuhan dari pengguna di regional, yang kemudian setelah disepakati akan di sahkan sebagai aturan atau acuan atau dapat juga sebgai revisi dari standar spesifikasi teknis produk peta dan publikasi keselamatan navigasi dan pelayaran yang telah berlaku sebelumnya.

“Peningkatan partisipasi serta peran aktif Pushidrosal di beberapa kegiatan sub committee IHO tersebut, juga telah memperoleh tanggapan positif dalam interaksi kelembagaan pada lingkup IHO, khususnya terhadap eksistensi Pushidrosal pada forum internasional. Kontribusi positif dan peran aktif yang dibangun oleh Pushidrosal melalui korespondensi maupun kehadiran pada kegiatan-kegiatan IHO telah memberikan kepercayaan anggota IHO dan pejabat IHOg terhadap Pushidrosal sebagai lembaga hidrografi Indonesia” Pungkas orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut.


Sumber: Dinas Penerangan AL

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.