Deteksi Dini Adalah Salah Satu Pencegahan Terjadinya Gangguan Kamtibmas





Denpasar Bali,  pasuruanbersatu.Com   -    Gangguan Kamtibmas yang terjadi di Wilayah Hukum Polres Buleleng dapat dicegah dengan beberapa kegiatan rutin yang dilakukan oleh pihak Kepolisian, disamping dengan melakukan upaya Patroli yang dilakukan oleh Unit Sabhara dan juga pendekatan empati yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas yang ada di setiap Polsek Jajaran juga dilakukan detiksi dini oleh unit intelkam yang ada di Polsek Jajaran Polres Buleleng.

Detiksi dini yang dilakukan oleh unit intelkam Polsek jajaran Polres Buleleng ini juga dilakukan penilaian dan satuan fungsinya yaitu Intelkam Polres Buleleng. Penilaian  produk pembuatan detiksi dini untuk memberikan masukan informasi dalam rangka kebijakan pimpinan untuk melakukan langkah-langkah pelaksanaan pencegahan untuk terjadinya gangguan kamtibmas dan hal-hal lain yang menyangkut masalah lain yang ada di masyarakat.

Kegiatan Polsek jajaran dalam pembuantan detiksi dini atau yang dikenal dengan Polsek Sebagai Basis Deteksi  ( PSBD) ini juga dilombakan dalam rangka Hari Bhyangkara ke-73 yang jatuh tanggal 1 Juli 2019. Kegiatan lomba PSBD dinilai oleh kasat Intelkam Polres Buleleng IPTU Sonny Giovanni Mulyono  yang sudah dilaksanakan sejak hari Senin, (17/6) .  Dari hasil penilaian yang dilakukan Ketua Tim yang dibagai menjadi 3 (tiga) bagian wilayah yaitu Timur yang terdiri dari  Polsek Sawan, Polsek Kubutambahan dan Polsek Tejakula, bagian Wilayah Tengah yang terdiri dari Polsek Kota Singaraja, Polsek Sukasada dan Polsek Banjar dan wilayah Barat yang terdiri dari Polsek Seririt, Polsek Bususngbiu, Polsek Gerokgak dan Polsek Celukan Bawang.

Dari hasil penilaian  ditentukan untuk wilayah Timur yang lengkap administrasi PSBD adalah Polsek Sawan untuk wilayah Timur dan Polsek  Banjar  untuk wilayah Tengah dan Polsek Gerokgak untuk wilayah Barat. Ketua Tim menyampaikan bahwa," agar setiap pergerakan fungsi Inteligen harus selalu dilakukan langkah-langkah seperti Early Deteksian dan Early Warning supaya pengumpulan bahan keterangan bisa diterangkan/disampaikan langsung kepada pimpinan kita yaitu bapak Kapolres,agar pimpinan mengetahui  kejadian-kejadian yang terjadi “, jelas IPTU Sonny Giovanni Mulyono.

Humas Polda Bali

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.