Danramil 09/Kawunganten Hadiri Sosialisasi Dalkamling Di Kabupaten Cilacap


.

Cilacap, Jateng,  pasuruanbersatu.com  - Danramil 09 Kawunganten Kapten CPM Teguh Budiono bersama unsur Forkopincam Kawunganten hadiri "Sosialisasi Pengendalian Keamanan Lingkungan (Dalkamling) di Kabupaten Cilacap tahun 2019", bertempat di Pendopo Kecamatan Kawunganten, Rabu (19/06/19).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Cilacap tersebut mengusung tema "Melalui Dalkamling Kita Ciptakan Kondusifitas Lingkungan".

Kepala Badan Kesbangpol Cilacap dalam sambutannya yang di bacakan oleh Seketaris Badan Kesbangpol Sadiyati Umi M. Asofi, S.H., MM mengatakan, Dalkamling merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam menjaga kondusifitas wilayah dengan menggalakan Siskamling dengan mencegah dan mengantisipasi ancaman yang dapat menggangu stabilitas wilayah yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa, mengancam keutuhan NKRI, mengancam Pancasila, UUD 1945 dan ke-Bhinekaan Bangsa Indonesia.

Sosialisasi Dalkamling telah diatur dalam Permendagri RI Nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat. Perlindungan masyarakat yang dimaksud adalah suatu keadaan dinamis dimana warga masyarakat disiapkan dan dibekali pengetahuan serta ketrampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat dalam rangka
untuk menciptakan rasa nyaman bagi warga masyakat.

Lebih lanjut dikatakan, nantinya para peserta sosialisasi akan menerima materi dari narasumber diantaranya Mayor Laut (E) Nurhamzah (Pasintel Lanal Cilacap) tentang
UUD 1945 pasal 30 tentang hak dan kewajiban semua warga dalam bela Negara serta konsep siskamhanrata dalam wawasan Nusantara, Materi keamanan lingkungan yang disampaikan Kasat Binmas Polres Cilacap
Akp Pujiono.

Ditempat yang sama, sebelum pelaksanaan sosialisasi Danramil 09/Kawunganten Kapten CPM Teguh Budiono mengatakan, "saya mengapresiasi atas pelaksanaan sosialisasi Dalkamling di Kecamatan Kawungaten, dengan harapan kegiatan terkait dengan keamanan lingkungan seperti siskamling di tiap-tiap desa lebih digalakkan kembali, demi terciptanya suasana yang aman dan nyaman sehingga kegiatan lain seperti perekonomian dan lainnya bisa berjalan normal sesuai harapan masyarakat pada umumnya, "harapnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Seketaris Badan Kesbangpol Sadiyati Umi M Asofi SH.MM beserta narasumber diantaranya Pasintel Lanal Cilacap Mayor Laut ( E) Nurhamzah, Kasat Bimmas Polres Cilacap AKP. Pujiono, Forkopincam Kawunganten dan Para Kepala desa se Kecamatan Kawunganten.

(Urip)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.